Darurat Kemarau


2015-11-02

darurat kemarau

Bulan sudah memasuki angka sebelas. November, adalah bulan terberat bagi teman teman di SD Alam El- Yamien. Terutama pada aktifitas gardening. Banyak program yang memerlukan tantangan. Tantangan pertama adalah menjaga agar tanaman selalu cukup air.kedua, komposter cair tidak menghasilkan pupuk cair karena kelembaban udaranya rendah.ketiga, outdoor activities berkurang.

 

ketiga tantangan diatas menjadi pendorong bagi guru untuk senantiasa memanfaatkan kondisi kemarau panjang. Penerapan policy ( aturan) gawat darurat membuahkan keharusan sbb:

Masing masing siswa mempunyai tanggungjawab terhadap keberlangsungan hidup satu pohon, dengan memanfaatkan air sisa bekas wudlu, yang biasanya di tampung dalam bejana untuk keperluan air sehari hari. Sebagai upaya tambahan pengairan, siswa menanam botol berisi air di samping masing mAsing tanaman. Botol telah diberi lubang kecil,agar air selalu mengalir.


Sebagai antisipasi berkurangnya outdoor activities, siswa disibukkan dengan mempersiapkan pentas di bulan desember. Pada kegiatan After School Care anak anak berkelompok sesuai dengan tugas masing masing. Ada kelompok menari, kelompok asmaul husna dan kelompok kelompok kecil lainnya, seperti puisi,menghafal skrip.


komposter cair saat ini dihentikan sejenak. Sedangkan sampah dapur( sisa kulit sayuran dan buah) dipotong potong kecil untuk campuran makanan ayam.

 

Siswa tetap beraktifitas dengan gembira dengan peraturan; selalu minum air putih dan menggunakan topi saat keluar kelas.

 

Selamat menjalani aktifitas dnn tetap berdoa pada Allah: ya Allah turunkanlah rahmatMu berupa hujan,kami senantiasa mengharap ridloMu. (nfy)



Comment 0    Share



Please comment here!